Labels

B.Indonesia (4) b.inggris (3) b.sunda (1) biografi (2) Biologi (7) cerita pengalaman (18) cerpen (2) Cheat Point Blank (20) Cheats (18) cracking (3) ekonomi (2) Fisika (13) games (3) Geografi (5) hari raya (1) HPO (1) informasi (11) jualan (3) kimia (20) koleksi (3) matematika (8) musik (1) ngakak (16) ninja saga (9) Pelajaran (127) Pengetahuan (52) perenungan (27) PKN (29) PLH (6) rajutan (1) rempah (1) Request (7) sejarah (8) Seni Budaya (7) Seram (2) sinopsis film (2) software (10) sosiologi (2) story telling (1) TIK (13) tugas (121) Tutorial (38)

Thursday, September 8, 2011

menghapal sistem periodik dengan mudah menggunakan "jembatan Keledai"

Taukah kalian apa itu jembatan keledai?
Menurut wikipedia indonesia, Jembatan keledai adalah cara untuk mengingat atau menghafalkan sesuatu yang digunakan dalam bidang pendidikan. Jembatan keledai itu biasanya kata atau suku kata yang ditambahin/dikurangin pada susunan kata yang ingin kita hafal supaya menjadi kalimat yang “menarik” dan gampang diingat. Contoh paling terkenal sih ‘mejikuhibiniu’, singkatan untuk deretan warna pelangi merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila-ungu (ya, siapa sih yang ngga hafal deret pelangi? XD).
Kita semua pasti pernah setidaknya sekali memakai jembatan keledai untuk menghafal poin-poin penting di pelajaran. Kasus yang cukup sering digunakan sih, terutama untuk anak SMA dan mahasiswa, adalah menggunakan jembatan keledai untuk menghafal sistem periodik. Yap, itu di





Ketika kita belajar kimia (yang mana orang-orang sering bilang itu pelajaran maut), pasti kita pernah bertemu dengan yang namanya sistem periodik. Dan kalian tahu lah, gimana susahnya ngapalin huruf-huruf dari tiap unsur di tiap golongan XD Saya aja, yang mahasiswa Teknik Kimia *uhuk* juga mengakui bahwa yang namanya menghafal sistem periodik itu dahsyat luar biasa. Belum lagi saya juga dituntut untuk menghafal suatu deretan lain yang dikenal dengan nama Deret Volta. Beuh..  Makanya, jembatan keledai itu berguna banget buat ngapalin sistem periodik ini loh! Nah, gimana dulu cara kalian ngehafal sistem periodik? Apakah sama dengan saya jembatan keledainya? hehe. Cek, yuk!
Pertama-tama, jembatan keledai yang gw bikin itu adalah hafalan untuk unsur-unsur golongan A. Dulu pernah mencoba bikin jembatan keledai untuk unsur-unsur golongan B, tapi karena golongan B ngga terlalu banyak dibahas di pelajaran, jadinya lupa deh :(  So, ini dia jembatan keledai (JK) gw:
Gol. I A
Unsur: H – Li – Na – K – Rb – Cs – Fr
JK: HeLiNa Kawin Rabu Cs Frustasi
Gol. II A
Unsur: Be – Mg – Ca – Sr – Ba – Ra
JK: Beli Mangga Campur Sirup Banyak Rasa
Gol. III A
Unsur: B – Al – Ga – In – Tl
JK: Bang Ali Gali Instalasi Telepon
Gol. IV A
Unsur: C – Si – Ge – Sn – Pb
JK: Crayon Sinchan Genit Seneng Perempuanbahenol
Gol. V A
Unsur: N – P – As – Sb – Bi
JK: NaraPidana AS Serba Bisa
Gol. VI A
Unsur: O – S – Se – Te – Po
JK: Orang Sinting Seneng Tebang Pohon
Gol. VII A
Unsur: F – Cl – Br – I – At
JK: Fuji Color Berhadiah Intan Antik
Gol. VIII A
Unsur: He – Ne – Ar – Kr – Xe – Rn
JK:  Heboh Negara Argentina Karena Xenator Runtuh
Hehehe…. itu dia. Sama ngga dengan jembatan keledai kalian?? XD


SUMBER :  http://salatinada.wordpress.com/2009/09/15/jembatan-keledai/
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India