Labels

B.Indonesia (4) b.inggris (3) b.sunda (1) biografi (2) Biologi (7) cerita pengalaman (18) cerpen (2) Cheat Point Blank (20) Cheats (18) cracking (3) ekonomi (2) Fisika (13) games (3) Geografi (5) hari raya (1) HPO (1) informasi (11) jualan (3) kimia (20) koleksi (3) matematika (8) musik (1) ngakak (16) ninja saga (9) Pelajaran (127) Pengetahuan (52) perenungan (27) PKN (29) PLH (6) rajutan (1) rempah (1) Request (7) sejarah (8) Seni Budaya (7) Seram (2) sinopsis film (2) software (10) sosiologi (2) story telling (1) TIK (13) tugas (121) Tutorial (38)

Monday, October 15, 2012

Rumus-rumus elastisitas kelas XI BAB 2

Benda elastisis/elastisitas itu dikatakan apabila benda diberi gaya, maka akan merubah brntuk benda tersebut tetapi apabila gaya itu di lpeaskan maka benda itu akan kembali ke bentuk asalnya lagi.
Ke elastisitas benda itu batasnya adalah 0<benda<1 maka benda itu dikatakan elastis, tetapi apabila benda diberi gaya benda itu akan berubah , tetapi apabila gaya dilepaskan maka tidak akan kembali ke bentuk asal ini disebut benda plastin (tidak elastin)

Hukum-hukum yang terkait dengan elastisitas pada benda

1. Hukum Hooke

Rumusnya
Keterangan:
F = gaya yang diberikan pada pegas (N)
k = tetapan gaya pegas (N/m)
delta x = pertambahan panjang pegas (m)

2. Energi Potensial Pegas

RUMUS:


Keterangan:
Ep = energi potensial pegas (joule)
k = tetapan gaya pegas (N/m)
x = pertambahan panjang pegas (m)

3. Modulus Young
Modulus Young adalah perbandingan antara tegangan dan regangan.

1.Tegangan(Stress)Tegangan adalah gaya per satuan luas penampang. Satuan tegangan adalah N/m2.




2. Regangan(Strain)
Regangan adalah perbandingan antara pertambahan panjang suatu batang terhadap panjang awal mulanya bila batang itu diberi gaya.

Dari kedua persamaan di atas dan pengertian modulus elastisitas, kita dapat mencari persamaan untuk menghitung besarnya modulus elastisitas. Satuannya adalah N/m2


RANGKAIAN PADA PEGAS

1. Rangkaian Seri


2. Rangkaian Paralel 
 

Gerak Benda Dibawah Pengaruh Gaya Pegas

Bila suatu benda yang digantungkan pada pegas ditarik sejauh x meter dan kemudian dilepas, maka benda akan bergetar. Percepatan getarnya itu dapat dihitung dengan persamaan: percepatan pegas. Dari persamaan di atas, kita mengetahui bahwa besarnya percepatan getar (a) sebanding dan berlawanan arah dengan simpangan (x)  
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India