Labels

B.Indonesia (4) b.inggris (3) b.sunda (1) biografi (2) Biologi (7) cerita pengalaman (18) cerpen (2) Cheat Point Blank (20) Cheats (18) cracking (3) ekonomi (2) Fisika (13) games (3) Geografi (5) hari raya (1) HPO (1) informasi (11) jualan (3) kimia (20) koleksi (3) matematika (8) musik (1) ngakak (16) ninja saga (9) Pelajaran (127) Pengetahuan (52) perenungan (27) PKN (29) PLH (6) rajutan (1) rempah (1) Request (7) sejarah (8) Seni Budaya (7) Seram (2) sinopsis film (2) software (10) sosiologi (2) story telling (1) TIK (13) tugas (121) Tutorial (38)

Sunday, September 23, 2012

Pengertian Budaya Politik (PKN KELAS XI semester 1)

Pengertian Budaya dan Politik

-Budaya adalah suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi
-menurut ebe taylor
Kebudayaan sebagai komplek yang mencakup pengetahuan, kepercayaa, kesenian moral, hukum adat istiadat dan kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat.

-Politik adalah cara untuk mempertahankan, merebut, pembagiian kekasaan dalam negara, seni dalam ilmu pemerintahan, untuk mengatur hak dan kewajiban negara, cara untuk mencapai tujuan, perumusan dan pelaksanaan kebijakan publik, bermacam-macam kegiatan dalam suatu negara yang menyangkut proses menentukan tujuan-tujuan dari sistem dan melaksanakan tujuan-tujuan tersebut.

Contoh Budaya Politik
  • Proses pengambilan keputusan yang dilakukan oleh DPR dan MPR ada pada pasal 2 ayat 3
  • Proses/Pelaksanaan PEMILU ->memilih presiden dan wakil presiden
  • Kampanye menjelang PEMILU
  • Mendirikan Partai atau ORMAS
  • Pasal 28, Demonstrasi UU no 9/1998 tentang kebebasan berpendapat di muka umum
Syarat Demonstrasi:
  1. 3 hari sebelumnya sudah melapor kepada pihak berwajib
  2. Unjuk rasa tidak boleh anarkis
  3. Tidak boleh merusak fasilitas umum milik negara atau bukan
Pengertian Budaya Politik

-Budaya Politik adalah sebagai suatu sistem nilai bersama suatu masyarakat yang memiliki kesadaran untuk berpatisi untuk pengambilan keputusan kolektif dan penentuan kebijakan publik.

-Menurut Almond and Verba
Budaya politik merupakan kultur politik yang dipraktekan oleh suatu masyarakat tertentu.

-Menurut Samuel and Beer
Nilai-nilai keyakinan dan sikap-sikap emosi tentang bagaimana Pemerintahan seharusnya dilaksanakan dan tentang apa yang harus dilakukan oleh Pemerintahan.

-Menurut Sydney Verba
Pola-pola tertentu yang mengarahkan dan membentuk tindakan-tindakan politik.

-Menurut Rusadi Sumintapura
Pola tingkah laku individu dan orientasinya terhadap kehidupan politik, yang dihayati oleh para anggota suatu sistem politik.

Sumber : Ibu Upin dan rangkuman bukunya =))
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India