Dua jenis kalimat yang banyak dipakai dalam matematika adalah pernyataan dan kalimat terbuka.
PERNYATAAN
Pernyataan adalah kalimat yang mempunyai nilai kebenaran. Suatu pernyataan hanya mempunyai sebuah kebenaran ( bernilai benar atau salah, dan tidak kedua-duanya ). Untuk melambangkan suatu pernyataan digunakan sebuah huruf kecil. Pernyataan juga disebut kalimat tertutup atau kalimat deklaratif atau proposisi.
Contoh :
1. Pernyataan :
m = semua siswa senang belajar matematika ( bernilai salah )
q = hasil kali 4 dengan 5 adalah 20 ( bernilai benar )
2. Pernyataan :
p = Jakarta ada di pulau jawa ( bernilai benar )
n = Ekor seekor kambing ada empat ( bernilai salah )
Kebenaran atau kesalahan suatu pernyataan disebut nilai kebenaran dari pernyataan itu. Nilai kebenaran suatu pernyataan yang benar ditulis B ( singkatan dari benar ) dan nilai kebenaran dari pernyataan yang salah ditulis S ( singkatan dari salah ).
KALIMAT TERBUKA
Dalam matematika yang dimaksud dengan kalimat terbuka adalah kalimat yang belum mempunai nilai kebenaran. Dalam kehidupan sehari-hari kalimat terbuka biasanya berbentuk kalimat tanya atau kalimat perintah. Sedangkan dalam matematika kalimat terbuka berbentuk persamaan atau pertidaksamaan.
Contoh :
Kalimat terbuka
o Apakah kamu sudah membuat PR ?
o 7x – 1 = 12
o
Perhatikan kalimat terbuka ”
Beberapa istilah yang perlu diketahui.
(1). Variabel
- Huruf x disebut variable. Sebuah variable mewakili sembarang anggota dalam semesta pembicaraan ( himpunan pengganti ).
{ 1 , 2 , 3 , 4 } maka :
x = 1 =>
x = 2 =>
x = 3 =>
x = 4 =>
- Pengganti variable yang menyebabkan kalimat terbuka bernilai benar disebut penyelesaian, dan himpunan semua penyelesaian itu disebut himpunan penyelesaian.
(2). Konstanta
Pada kalimat ”
- INGKARAN / NEGASI
Contoh :
- Bila p = ” semua siswa senang matematika ”, maka
p = ” tidak semua siswa senang matematika ”.
- Bila m = ” 2 kurang dari 4 ” maka
m = ” 2 tidak kurang dari 4 ”.
p | |
B | S |
S | B |
SUMBER : http://yeniantary.wordpress.com/2011/01/22/pernyataan-kalimat-terbuka/
0 comments:
Post a Comment