Label

B.Indonesia (4) b.inggris (3) b.sunda (1) biografi (2) Biologi (7) cerita pengalaman (18) cerpen (2) Cheat Point Blank (20) Cheats (18) cracking (3) ekonomi (2) Fisika (13) games (3) Geografi (5) hari raya (1) HPO (1) informasi (11) jualan (3) kimia (20) koleksi (3) matematika (8) musik (1) ngakak (16) ninja saga (9) Pelajaran (127) Pengetahuan (52) perenungan (27) PKN (29) PLH (6) rajutan (1) rempah (1) Request (7) sejarah (8) Seni Budaya (7) Seram (2) sinopsis film (2) software (10) sosiologi (2) story telling (1) TIK (13) tugas (121) Tutorial (38)

Minggu, 07 Agustus 2011

10 konsep geografi

Ada 10 konsep geografi:

1.konsep lokasi,yaitu suatu letak obyek di permukaan bumi.contohnya pantai Parangtritis yang terletak di Bantul,Yogyakarta.

2.konsep jarak,yaitu jarak dari satu tempat ke tempat lain.Jarak dibagi menjadi 2:

-jarak absolut,yaitu jarak yang sesungguhnya.

-jarak relative,yaitu jarak yang berdasarkan pertimbangan tertentu,misal rute,waktu biaya,dll.contoh:jarak Yogya(sleman) - Solo(manahan) dapat ditempuh selama 2,5 jam menggunakan mobil



3.konsep keterjangkauan,yaitu suatu daerah yang mudah atau sulit terjangkau karena perbedaan sarana komunikasi,Iptek,dan transportasi didaerah yang satu dengan daerah yang lain.contohnya penduduk di daerah pegunungan sulit dijangkau daripada penduduk yang tinggal di daerah dataran rendah karena kurangnya sarana komunikasi,IPTEK,dan transportasi yang ada di daerah pegunungan daripada di didataran rendah.

4.konsep pola,yaitu persebaran pola pemukiman di suatu daerah.contohnya : tempat pemukiman penduduk di Jakarta yang semakin banyak.

5.konsep morfologi,yaitu bentuk alam karena peristiwa alam seperti erosi,tanah longsor gempa bumi dll.contoh terbentuknya lipatan bumi karena gempa bumi.

6.konsep aglomerasi,yaitu pola pola pengelompokkan/konsentrasi penduduk di suatu daerah.contohnya orang-orang perkotaan lebih senang tinggal di perumahan elit.

7.konsep nilai kegunaan,yaitu nilai - nilai suatu tempat yang mempunyai kegunaan berbeda berdasarkan fungsinya.contoh tempat wisata mempunyai kegunaan berbeda bagi setiap orang.

8.konsep interaksi dan interdependensi,yaitu ketergantungan satu tempat dengan tempat yang lain.contoh daerah kota dan desa saling membutuhkan bantuan.

9.konsep deferensiasi areal yaitu fenomena/kekhasan suatu tempat dengan tempat yang lain.contoh kota yogya terkenal dengan bakpia patuk sementara kota gunung kidul terkenal dengan makanan geplak.

10.konsep keterkaitan keruangan yaitu derajat keterkaitan antar wilayah dengan alam/sosialnya.contohnya suatu daerah yang didiami suatu penduduk dan mempunyai suatu keterkaitan.

Yang saya diskusikan dengan kelompok saya adalah konsep keterjangkauan.
konsep keterjangkauan menerangkan tentang mudah atau sulit dijangkaunya suatu daerah karena kurang memadai sarana komunikasi ,iptek,dan transportasi dibanding tempat lain.contoh spesifiknya yaitu para penduduk yang ada di desa terpencil didaerah yang jauh sulit dijangkau dari pada penduduk desa / kota didaerah yang sarana komunikasi ,iptek dant ransportasinya memadai.
Reaksi:

1 komentar:

fauzan mengatakan...

wkwkwk si sule

Poskan Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Hot Sonakshi Sinha, Car Price in India